10 Maret 2008

Nyi Jemuah


Pertama kali ada niat mengangkat postingan yang satu ini, sempat dibuat pusing soal judul yang tepat. Walau sebenarnya tak perlu dipusingkan karena yang baca mungkin tidak lebih dari 10 gelintir, dan yang serius betul dalam membaca mungkin juga cuma 3 gelintir, saya sudah termasuk hitungan. Setelah mengamati berulang-ulang foto nenek cantik ini, maka terbesitlah judul yang sepertinya sesuai. Nyi Jemuah, yah....itulah judulnya. Bagi orang non jawa mungkin ini agak terasa aneh. Nyi adalah sebutan orang jawa untuk wanita tua, sedangkan Jemuah adalah sebutan orang jawa untuk hari jum'at. Pertama kali bertemu hingga 8 tahun berlalu, entah sudah berapa kali bertemu. Masih, dengan baju kebesarannya jarit dan kebaya serta diperindah dengan aksesoris topi dan gendongan, hampir tidak ada perubahan sampai sekarang. Entah karena sudah diatur atau padatnya jadwal konser, nenek ini hanya muncul di perempatan ini setiap hari jum'at saja. Jemuah pahing, okeh rejekine, slamet. Kurang lebih seperti itulah do'a yang selalu mengalir deras dari bibirnya untuk para dermawan yang bersimpati kepadanya."Pahing..wah kata apa lagi nih?". Pahing adalah hari ke empat dalam kalender jawa, yang setiap pekannya ada lima hari terdiri dari wage, kliwon, legi, pahing, dan pon. Walau hanya mangkal antara jam 6 hingga 7 pagi, nenek ini mampu memperoleh penghasilan hingga 50.000 ribu. Wah ...sejam aja segitu, mau? Ma'af ya..udahan dulu ada bosss, gak enak nyuri jam kerja. Wis di publikasikan aja, daripada bosan lihat pocong terus.

22 komentar:

rizky mengatakan...

Pertamax
Cuma satu komentar, sekarang Poo sok dermawan..he1000x

xero mengatakan...

wah saya koq selalu tersentuh ya liat nenek2 spt ini... di hari tua malah dihabiskan sendiri dijalan tanpa keluarga...

Akinogal mengatakan...

See Here or Here

Fiz mengatakan...

"Jemuah pahing, okeh rejekine, slamet"

Okeh rejekine: Ya jelas banyak dong, kan sejam dapat 5o ribu....!
Slamet: Semoga jumat depan bisa bertugas lagi lagi....!

cie mengatakan...

mana keluarga tuh nenek yah, kok dibiarin aja orang tuanya di jalan gitu, jangan sampe deh...

The Armstrong mengatakan...

HEH nyi "jamuah?" jamuah bukannya diangkat klo dah mo hujan??? hehehe...

eh mas ntuh nyi jamuah hebat yah? kerjanya cuman duduk2 seharian, trus kurleb 50.000 sehari, trus klo dikali seminggu brapa yah??? *&^%$%?* (payah ngitung?) wah trus dikali sebulan, blom lagi dikali setahun...???

gw yakin klo dia dah 8 tahun kerja kayak gini? pasti dia skarang dia dah punya butik!!! trus baju yg dia pake ntuh sebenarnya ada puluhan pasang (so, kembar semua gitu?)... yah kan namanya jg baju kebanggaan? yah ngga? hehehe...

hidup nyi Jemuran? eh nyi Jamuah ding?

apr!e mengatakan...

apa jadinya ya kalo keluarnya malem Jum'at kliwon? he......gak jauh2 ama marganya poo-cong. :P

nina mengatakan...

ikutan yah walopun agak telat , moga2 ntar kalo gw tuanya aku gak gitu.. sedih banged ditelantarin keluarga. ^_^

cah kene mengatakan...

kan kata negara fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara..
wajar dong dapat penghasilan segetoo..

he he pisss


*salam kenal balik pud, tonggo negoro.., wonogiri vs sragentina*

Wini mengatakan...

Mudah2an di hari tua nasib qta lebih baik dr Nyi Jemuah... ga perlu jongkok nengadahin tangan mharap belas kasihan.
Ngomong2, sempet nanya ga ttg kluarganya?

sachroel mengatakan...

hmmm.....gak ada sodara nya ya...kan kasian tuh

Kenapa ya???... mengatakan...

Dear Nyi Jemuah... kasihken juga doamu untukku... Jum'at legi pahing pon wage kliwon semoga selalu penuh berkah...

Akinogal mengatakan...

This comment has been removed because it linked to malicious content. Learn more.

poo mengatakan...

To Qie: Mohon maaf kalau disalah artikan.
To Xero: Peka banget, boleh tuh ditampung di rumah xero.
To Fiz: Fiz mau jadi membernya Nyi Jemuah ta?
To Cie: Cie..hati2 ntar kalau tua lho ya..
To Amstrong: Jeli banget ngamati baju soal nenek itu, jangan2 koordianrornya?
To Aprie: Kalau lihat usianya sih mungkin bentar lagi keluarnya malem jum'at.
To Cah kene: Wah komentar pejabat nih.
To Wini: Saya doakan mbak. Kalau nanya soal keluarga sudah sih, tapi orangnya rada budeg. diajak ngomong ga nyambung.
To Sachroel: Ya iya lah..........
To Kenapa yaa?: Ya iyalah, hai pasaran selalu mengikuti di belakang.

Capunk mengatakan...

inilah sebenarnya kehidupan....yg jelas apa yg kita lihat adalah pelajaran, n ini merupakan pelajaran yg berharga buat aku...ehm

poo mengatakan...

Wah bijaksana sekali mas capunk, thanks nasehatnya.

Dumuro mengatakan...

See here or here

vina mengatakan...

itu nenek di daerah wonogiri jg? kasihan y?

pudi-interisti mengatakan...

Oh...bukan kok mbak Vina. nenek itu mangkalnya di salah satu desa di Sidoarjo.

Agus Salim mengatakan...

Salam Sim Pak Po
Aku iri ama posting u. E ngomong-ngomong ide itu dari mana? and ndapeti shootnya dari siapa?
Tolong aku dipinjami potret ya!!!!

E jamu itu memang pahit, tap[i madu sebenarnya lebih pahit.
Mungking kagak nyambung, tapi ini perlu direnungkan!

Ketika fahri me-madu aisya, ke ti ka Aa memadu teh rini, ke ti ka Aaa .......ingin memadu my ......., e ternyta pahit wajahnya mengalahkan pahitnya jamu.
Ternyata jamu wonogiri itu sebagai obat dan madunya .... memahitkan? Betulkan? Perlu kita renungkan!

Agus Salim mengatakan...

Salam Sim Pak Po
Aku iri ama posting u. E ngomong-ngomong ide itu dari mana? and ndapeti shootnya dari siapa?
Tolong aku dipinjami potret ya!!!!

E jamu itu memang pahit, tap[i madu sebenarnya lebih pahit.
Mungking kagak nyambung, tapi ini perlu direnungkan!

Ketika fahri me-madu aisya, ke ti ka Aa memadu teh rini, ke ti ka Aaa .......ingin memadu my ......., e ternyta pahit wajahnya mengalahkan pahitnya jamu.
Ternyata jamu wonogiri itu sebagai obat dan madunya .... memahitkan? Betulkan? Perlu kita renungkan!

pudi-interisti mengatakan...

Wah..jangan membuat tekateki gitu donk. Ini mau comment apa ngasih tebakan?